Aluminium Composite Panel (ACP) di Bau-bau

Aluminium adalah salah satu unsur kimia yang mampunyai lambang Al dengan nomer atom 13. Secara singkat, salah satu bagian dalam pembuatan gedung ini digunakan sebagai pelapis yang berguna untuk melapisi dinding dan juga bangunan yang ada pada gedung tersebut. Aluminium Composite Panel ini digunakan untuk lapisan indoor ataupun outdoor. Aluminium mampunyai sifat konduktor atau penghantar listrik yang baik, tidak heran, elemen ini sering digunakan pada kabel bertegangan tinggi.

Pengertian dan kegunaan Aluminium composite panel

ACP ( Aluminium Composite Panel) merupakan salah satu material yang digunakan untuk menutup dinding yang berbahan dasar polyethylene atau PE yang berlapis aluminium di kedua sisi sehingga menjadi sebuah satu kesatuan. Nama lain dari Aluminium Composite Panel adalah Curtain Wall, Cladding dan juga Facade. Aluminium Composite Panel bisa diaplikasikan pada eksterior gedung maupun interior gedung disesuaikan dengan jenis dan spesifikasi dari bangunan itu.

Penggunaan dari Aluminium Composite Panel sebenarnya tidak hanya digunakan sebagai pelapis dalam pembuatan gedung atau proyek bangunan saja. Anda bisa menemukan dengan mudah Aluminium Composite Panel di bagian pedal piringan rem mobil atau motor, tutup shower dan juga ada di bak mandi.

Penggunaan lainnya digunakan adalah interior dan exterior bangunan, digunakan dalam gedung bertingkat tinggi, digunakan untuk lapisan dalam SPBU, digunakan untuk pertokoan, dealer otomotif dan juga papan iklan. Aluminium Composite Panel sering digunakan untuk penggunaan bangunan tersebut untuk mendapatkan hasil bangunan yang lebih maksimal lagi.

Jenis dan merk Aluminium composite panel

Aluminium composite panel merupakan metrial yang memiliki perpaduan antara plat aluminium dan bahan composite panel atau dapat digambarkan sebagai panel datar yang terdiri dari inti berbahan non aluminium yang disatukan antara dua lembar aluminium.

Polister sendiri merupakan bahan serat yang tahan terhadap air dan kuat. Penyerapan air pada serat polister cenderung lebih minim jika dibandingkan dengan serat-serat industri lain. Serat polister mampu mengkerut, menjauhi api dan memadamkan diri jika terjadi kebakaran.

Jenis yang kedua dari Aluminium Composite Panel ini adalah PVDF (Polyvinylidene DiFluoride). Ketebalan dari Coating memang sedikit lebih tebal dari PE yaitu 0.3mm hingga 0.5mm. Untuk ketebalan material hampir sama dengan PE yaitu 0.3mm hingga 0.5mm. Untuk jenis yang satu ini memang lebih variatif. Aluminium Composite Panel ini juga memiiki kualitas yang lebih kuat dan lebih tahan lama untuk digunakan. Sangat cocok untuk eksterior.|Jenis Aluminium Composite Panel PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa digunakan di bagian eksterior bangunan. Jenis ini tahan segala cuaca ekstrim sehingga lapisan warna bisa bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan jenis polister.Karena sifatnya yang kuat dan tahan cuaca, Aluminium Composite Panel sering digunakan di gedung-gedung besar untuk interior maupun eksterior bangunan agar terlihat lebih menawan dan terkesan lebih mewah.}

Merek bahan pelapis ini yang banyak beredar di pasaran yaitu; Aluminium Composite Panel merek Alucopan, Aluminium Composite Panel merek Alcopala, Aluminium Composite Panel merek Alcotex, Aluminium Composite Panel merek Alpolic, Aluminium Composite Panel merek Seven, Aluminium Composite Panel merek Ecopan, dan Aluminium Composite Panel merek Alucobond. Mirror Finish ACP adalah jenis ACP yang pada salah satu sisinya dikombinasi dengan cermin. Jenis ini biasanya digunakan pada interior dapur. Sedangkan, Brush Finish ACP adalah jenis ACP yang pada sisi depannya mengaplikasikan dengan teksture sikat dan pada sisi belakangnya dilapisi cat anti-karat.

Cara memasang Aluminium Composite Panel

Berikut ini cara untuk memasang Aluminium Composite Panel yang baik dan benar agar hasil yang didapat bisa maksimal. Dan harus didampingi oleh seoarang yang ahli dalam bidangnya. Pastikan bahwa dinding sudah rapi dan siap dipasang bracket

Fibrikasi dari rangka dan Aluminium Composite Panel harus sesuai dengan hasil pengukuran, pasanglah benang untuk dijadikan acuan dalam pemasangan Aluminium Composite Panel, pasanglah dudukan rangka dan perkuat dengan baut dynabolt sampai benar-benar kuat baru pasang aluminium pada dudukan.

Misalnya saja jika anda ingin memasang Aluminium Composite Panel untuk bagian eksterior yang memerlukan ketahanan terhadap suhu karena air hujan maupun terik matahari maka pilihlah Alumunium Composite Panel dengan finish PVDF. Selanjutnya pemasangan dilakukan secara hati-hati dan ditata dengan benar untuk mendapatkan ACP yang terbaik.

Harga Aluminium Composite Panel Perlembar/M2

Untuk harga, Aluminium Composite Panel dibanderol dengan harga yang bervariasi sesuai dengan ukuran, jenis dan juga produsen dari Aluminium Composite Panel ini. Berikut ini beberapa contoh dari harga Aluminium Composite Panel yang ada di pasaran. Aluminium Composite Panel merek Goldstar dibanderol dengan harga USD 16 untuk ukuran 1,22 m x 2,44 m dan ketebalan 0,21 mm tipe PVDF buatan negara China.

Harga Aluminium composite panel 375.000/m2 untuk ruangan interior dan eksterior dengan harga 550.000/mm2. Untuk harga yang lebih terjangkau, anda bisa memilih ACP dengan jenis Polyester yang dibandrol dengan kisaran harga Rp 180.000. Harga akan berbeda dengan merk yang berbeda juga.

Ukuran 1,22 m x 2, 44 m, 0,40 PVDF tebal 4 mm dibanderol dengan harga Rp. 1.028.000 untuk warna standar dan Rp. 1.103.000 untuk yang berwarna.

Penyedia / Jual Aluminium Composite Panel di Bau-bau

Anda bingung mau membeli aluminum composite panel dimana? Hubungi saja kami. Kami merupakan distributor aluminium composite panel lengkap. Perusahaan kami menyediakan berbagai merk composite panel lengkap dengan harga terjangkau.

Untuk pemasangan Aluminium composite panel harga terpasang Beracam-macam, mulai dari 375.000-550.000/m2, tentunya sesuai dengan jenis dan bahannya. Dengan harga yang terjangkau kalian sudah memiliki ruangan yang elegan, mewah dan, mudah dibersihkan. Untuk harga memang juga bisa berpengaruh dari tempat anda mendapatkan ACP tersebut. Dengan memilih penyedia atau penjual ACP yang tepat tentunya akan membuat anda mendapatkan ACP yang paling tepat juga. Dengan memilih ACP yang terbaik pastinya akan membuat anda semakin mendapatkan ACP yang terbaik dengan harga yang terjangkau dan tentunya dengan kualitas yang terbaik.

Keunggulan dan Kekurangan Aluminium Composite Panel

Keunggulan Aluminium composite panel yaitu dengan beratnya yang ringan tetapi memiliki kekuatan yang lebih tinggi, tahan karat dan memiliki biaya perakitan yang lebih murah, karena berkurangnya jumlah komponen yang tidak memerlukan baut untuk penyambung.

Aluminium Composite Panel ini juga memiliki ketahanan yang sangat baik karena bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama karena memang bahan yang terbuat dari bahan baja yang membuatnya akan menjadi bahan yang tidak mudah rusak, keropos dan bisa tahan lama untuk digunakan. Aluminium Composite Panel ini dengan barang yang sangat awet tentunya membuat penggunaan bisa menjadi lebih lama dan tidak harus selalu menggantinya.

Aluminium composite panel tersedia dari 30 jenis warna, selain itu juga dapat memesan warna khusus sesuai dengan permintaan konsumen untuk produk dan merek terntentu.

Sedangkan kekurangan dari Aluminium Composite Panel adalah; nad tidak bisa dihilangkan dan juga harga dari Aluminium Composite Panel ini cenderung masih mahal. Untuk bentuk melengkung sebaiknya pertimbangkan kembali penggunaan Aluminium Composite Panel.

Kekuatan terhadap sangin kurang, sehingga dalam kondisi cuaca yang kurang baik yang diakibatkan oleh angin akan beresiko terhadap keselamatan. Demikian review mengenai Aluminium Composite Panel, material bangunan yang kini banyak digunakan di dunia arsitektur.