Aluminium Composite Panel (ACP) di Pontianak

Aluminium composite panel pada biasanya digunakan untuk membukus sebuah gedung. Aluminium sendiri bukanlah logam berat, tapi merupakan elemen yang berjumlah sekitar 8% dari permukaan bumi dan menjadi yang paling berlimpah nomer tiga. Untuk lebih jelasnya berikut akan dibahas secara lengkap mengenai bahan bangunan yang sedang cukup populer Aluminium Composite Panel.

Pengertian dan kegunaan Aluminium composite panel

ACP ( Aluminium Composite Panel) merupakan salah satu material yang digunakan untuk menutup dinding yang berbahan dasar polyethylene atau PE yang berlapis aluminium di kedua sisi sehingga menjadi sebuah satu kesatuan. Panel datar ini disatukan dalam dua buah lembar aluminium dan bisa dilapisi dengan cat PVDF maupun Polyester.

ACP dapat digambarkan sebagai panel datar yang terdiri dari inti yang berbahan dasar Polyetheylene yang non-aluminium dan disatukan oleh dua lembar yang berbahan aluminium. Dua lembar aluminium tersebut dapat dilapisi dengan cat Polyster atau PVDF. Penggunaan ACP, pada umumnya adalah untuk dinding eksterior bangunan sebagai kombinasi dari penggunaan kaca, panel kanopi, billboard dan papan penunjuk.

Untuk interior juga kadang bisa digunakan sebagai partisi, penutup kolom dan plafon artistic. ACP sendiri menambah kesan elegan dan mewah pada eksterior gedung bertingkat. Aluminium Composite Panel sering digunakan di SPBU, dealer otomotif, ruko, papan iklan, billboards, interior maupun eksterior bangunan baru dan lama, gedung-gedung bertingkat tinggi (high rise building), kamar mandi dan lain-lain.

Jenis-jenis & Merek Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel sendiri terdiri dari 2 jenis menurut lapisan catnya. Jenis pertama Aluminium Composite Panel jenis PE (Polister) yang biasa digunakan untuk bagian interior bangunan.

Polister sendiri merupakan bahan serat yang tahan terhadap air dan kuat. Penyerapan air pada serat polister cenderung lebih minim jika dibandingkan dengan serat-serat industri lain. Serat polister mampu mengkerut, menjauhi api dan memadamkan diri jika terjadi kebakaran.

Jenis yang kedua dari Aluminium Composite Panel ini adalah PVDF (Polyvinylidene DiFluoride). Ketebalan dari Coating memang sedikit lebih tebal dari PE yaitu 0.3mm hingga 0.5mm. Untuk ketebalan material hampir sama dengan PE yaitu 0.3mm hingga 0.5mm. Untuk jenis yang satu ini memang lebih variatif. Aluminium Composite Panel ini juga memiiki kualitas yang lebih kuat dan lebih tahan lama untuk digunakan. Sangat cocok untuk eksterior.|Jenis Aluminium Composite Panel PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa digunakan di bagian eksterior bangunan. Jenis ini tahan segala cuaca ekstrim sehingga lapisan warna bisa bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan jenis polister.Karena sifatnya yang kuat dan tahan cuaca, Aluminium Composite Panel sering digunakan di gedung-gedung besar untuk interior maupun eksterior bangunan agar terlihat lebih menawan dan terkesan lebih mewah.}

Untuk merk yang dimiliki dari Aluminium Composite Panel ini cukup variatif dan banyak sehingga anda memiliki beragam pilihan APL terbaik untuk anda pilih. Beragam merk tersebut antara lain seperti Aluminiu, Composite Panel Alustar, APL Alumetal, New Alucopan – Alcopla, APL Luminate, ACP Alucobond, ACP Aluontop, ACP Alumebond dan ACP Seven. Dan saat ini banyak bermunculan pabrik Aluminium composite panel Aluminium composite panel baik secara nasional maupun internasional. Beberapa merek terkenal Aluminium composite panel sebagai berikut : Alucopan, Alcopla, Alcotex, Alpoli, Aeven, Acopan, Alucobond.

Cara memasang Aluminium Composite Panel

cara pemasangan aluminium composite panel

Berikut ini cara untuk memasang Aluminium Composite Panel yang baik dan benar agar hasil yang didapat bisa maksimal. Berikut ada beberapa tips memasang Aluminium composite panel : Pertama-tama anda harus melakukan pengukuran di area yang akan dipasangi Aluminium Composite Panel dengan teliti.

Untuk mendapatkan hasil pemasangan Aluminium Composite Panel yang rapi dan maksimal, usahakan untuk melakukan proses marking dengan teliti dan juga seksama. Spesifikasi ruangan harus disesuaikan dengan bahan dari Aluminium Composite Panel yang anda beli.

Pasang dudukan rangka pada area dengan perkuatan menggunakan baut dynabolt. Tahap akhir adalah bersihkan pelindung blue sheet di Aluminium Composite Panel.

Harga Aluminium Composite Panel Perlembar/M2

Haraga dari Aluminium Composite Panel ini sangat bervariasi tergantung dari bidang pemakaian maupun merek dari material ini. Aluminium Composite Panel merek Goldstar dibanderol dengan harga USD 16 untuk ukuran 1,22 m x 2,44 m dan ketebalan 0,21 mm tipe PVDF buatan negara China.

Harga ini tentu sangat berbeda tergantung juga dari jenis, merk dan juga ketebalan dari ACP yang anda pilih. Untuk harga yang lebih terjangkau, anda bisa memilih ACP dengan jenis Polyester yang dibandrol dengan kisaran harga Rp 180.000. Harga akan berbeda dengan merk yang berbeda juga.

Aluminium Composite Panel merek Seven ukuran 1,22 m x 2,44 m ketebalan 0,21 mm dibanderol dengan harga USD 17 dengan tipe PE dan ukuran 1,22 m x 4,58 m ketebalan 0,30 mm dibanderol dengan harga USD 22 dengan tipe PVDF, ukuan 1,22 m x 4, 58 m ketenalan 0, 50 mm dibanderol dengan harga USD 27 dengan tipe PVDF buatan Negara China.

Penyedia / Jual Aluminium Composite Panel di Pontianak

harga aluminium composite panel per lembar

Ya.. Tak perlu repot dan bingung mencari penjual aluminium composite panel, kini Anda bisa memesannya secara online pada kami. Kami menyediakan berbagai merk aluminium composite panel lengkap dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Kami sendiri membuka harga penjualan composite panel mulai dari 375.000/m2, ini pun tergantung bahan dan kualitas composite panel itu sendiri. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa memperoleh aluminium composite panel dengan kualitas terbaik, desain mewah, dan mudah dibersihkan. Untuk harga memang juga bisa berpengaruh dari tempat anda mendapatkan ACP tersebut. Dengan memilih penyedia atau penjual ACP yang tepat tentunya akan membuat anda mendapatkan ACP yang paling tepat juga. Dengan memilih ACP yang terbaik pastinya akan membuat anda semakin mendapatkan ACP yang terbaik dengan harga yang terjangkau dan tentunya dengan kualitas yang terbaik.

Keunggulan dan Kekurangan Aluminium Composite Panel

Keunggulan dari Aluminium Composite Panel ini sendiri adalah menjadikan bangunan atau gendung menjadi terlihat modern, rapi dan juga elegan. Aluminium Composite Panel juga tahan terhadap cuaca panas dari sinar matahari maupun cuaca dingin cocok untuk iklim negara Indonesia dan warna-warna yang ditawarkan banyak sehinga anda tidak bebas memilih sesuai dengan keinginan.

Aluminium Composite Panel ini juga memiliki ketahanan yang sangat baik karena bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama karena memang bahan yang terbuat dari bahan baja yang membuatnya akan menjadi bahan yang tidak mudah rusak, keropos dan bisa tahan lama untuk digunakan. Aluminium Composite Panel ini dengan barang yang sangat awet tentunya membuat penggunaan bisa menjadi lebih lama dan tidak harus selalu menggantinya.

Memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri, jadi anda tak perlu repot-repot membersihkannya. Tetapi pada area dengan tingkat polusi yang sangat tinggi mungkin perlu dibersihkan dengan hanya menggunakan detergen biasa.

Sedangkan kekurangan dari Aluminium Composite Panel adalah; nad tidak bisa dihilangkan dan juga harga dari Aluminium Composite Panel ini cenderung masih mahal. Untuk bentuk melengkung sebaiknya pertimbangkan kembali penggunaan Aluminium Composite Panel.

Dalam suhu yang tinggi, lapisan inti dapat menggelembung dan akan mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata sehingga dapat mengurangi keindahan. Demikian review mengenai Aluminium Composite Panel, material bangunan yang kini banyak digunakan di dunia arsitektur.