Aluminium Composite Panel (ACP) di Samarinda

Saat hendak mendirikan sebuah bangunan entah itu rumah, toko maupun gedung, tentu anda menginginkan sebuah bangunan yang kokoh agar bisa bertahan cukup lama. Aluminium sendiri bukanlah logam berat, tapi merupakan elemen yang berjumlah sekitar 8% dari permukaan bumi dan menjadi yang paling berlimpah nomer tiga. Aluminium mampunyai sifat konduktor atau penghantar listrik yang baik, tidak heran, elemen ini sering digunakan pada kabel bertegangan tinggi.

Pengertian dan kegunaan Aluminium composite panel

ACP ( Aluminium Composite Panel) merupakan salah satu material yang digunakan untuk menutup dinding yang berbahan dasar polyethylene atau PE yang berlapis aluminium di kedua sisi sehingga menjadi sebuah satu kesatuan. Nama lain dari Aluminium Composite Panel adalah Curtain Wall, Cladding dan juga Facade. Aluminium Composite Panel bisa diaplikasikan pada eksterior gedung maupun interior gedung disesuaikan dengan jenis dan spesifikasi dari bangunan itu.

Aluminium Composite Panel memiliki komposisi dari dua lapisan bagian luar yang terdiri aluminium plat yang diwarnai dengan powder coating, sedangkan bagian dalam diantara aluminium terbuat dari bahan Low Density Polyenthlene. Aluminium Composite Panel memiliki bobot yang ringan Penggunaan ACP, pada umumnya adalah untuk dinding eksterior bangunan sebagai kombinasi dari penggunaan kaca, panel kanopi, billboard dan papan penunjuk.

Untuk interior juga kadang bisa digunakan sebagai partisi, penutup kolom dan plafon artistic. ACP sendiri menambah kesan elegan dan mewah pada eksterior gedung bertingkat. Aluminium Composite Panel sering digunakan di SPBU, dealer otomotif, ruko, papan iklan, billboards, interior maupun eksterior bangunan baru dan lama, gedung-gedung bertingkat tinggi (high rise building), kamar mandi dan lain-lain.

Jenis-jenis dan Merk ACP

Aluminium Composite Panel terbai menjadi berbagai jenis dan juga merk yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk jenisnya, terbagi menjadi dua jenis umum yaitu PE (Polyester).

Lembar aluminium dilapisi dengan cat PVDF atau polyester. Jenis Aluminium composite panel menurut catnya terdiri dari 2 macam jenis yaitu polyester (PE) yang biasanya banyak digunakan untuk interior, satunya yaitu (poly vinyl de fluoride) PVDF biasanya digunakan di eksterior, karena jenis ini tahan dari segala macam cuaca, sehingga lapisan warna dapat bertahan lebih lama dibandingan dengan jenis polyester.

Jenis yang kedua dari Aluminium Composite Panel ini adalah PVDF (Polyvinylidene DiFluoride). Ketebalan dari Coating memang sedikit lebih tebal dari PE yaitu 0.3mm hingga 0.5mm. Untuk ketebalan material hampir sama dengan PE yaitu 0.3mm hingga 0.5mm. Untuk jenis yang satu ini memang lebih variatif. Aluminium Composite Panel ini juga memiiki kualitas yang lebih kuat dan lebih tahan lama untuk digunakan. Sangat cocok untuk eksterior.|Jenis Aluminium Composite Panel PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa digunakan di bagian eksterior bangunan. Jenis ini tahan segala cuaca ekstrim sehingga lapisan warna bisa bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan jenis polister.Karena sifatnya yang kuat dan tahan cuaca, Aluminium Composite Panel sering digunakan di gedung-gedung besar untuk interior maupun eksterior bangunan agar terlihat lebih menawan dan terkesan lebih mewah.}

Aluminium composite panel memiliki daya tahan yang kuat terhadap air, oleh karena itu Aluminium composite panel banyak digunakan sebagai panel pelapis dinding dari suatu bangunan baik indoor maupun outdoor. Seiring dengan berkembangnya dunia kontraksi dan semakin banyaknya permintaan pasar, maka Aluminium composite panel di dunia industripun semakin pesat. Mirror Finish ACP adalah jenis ACP yang pada salah satu sisinya dikombinasi dengan cermin. Jenis ini biasanya digunakan pada interior dapur. Sedangkan, Brush Finish ACP adalah jenis ACP yang pada sisi depannya mengaplikasikan dengan teksture sikat dan pada sisi belakangnya dilapisi cat anti-karat.

Cara memasang Aluminium Composite Panel

Untuk pemasangan ACP ini memang memerlukan cara yang khusus untuk membuat pemasangan menjadi lebih pas dan cocok untuk digunakan. Berikut ada beberapa tips memasang Aluminium composite panel : Pastikan bahwa dinding sudah rapi dan siap dipasang bracket

Untuk mendapatkan hasil pemasangan Aluminium Composite Panel yang rapi dan maksimal, usahakan untuk melakukan proses marking dengan teliti dan juga seksama. Spesifikasi ruangan harus disesuaikan dengan bahan dari Aluminium Composite Panel yang anda beli.

Setelah dipastikan rata, perkuat ACT dengan sekrup, rapikan nat antara Aluminium Composite Panel dengan menggunakan sealnat. Selanjutnya pemasangan dilakukan secara hati-hati dan ditata dengan benar untuk mendapatkan ACP yang terbaik.

Harga Aluminium Composite Panel Per Lembar/M2

Harga untuk PVC tentu sangat berbeda antara satu jenis dengan jenis lainnya. Harga ACP PVDF dengan ketebalan yang berbeda pun juga memiliki harga yang berbeda pula. Untuk harga Aluminium composite panel terbaru 2016 tidak mengalami kenaikan harga kecuali bahan yang spesial.

Harga ini tentu sangat berbeda tergantung juga dari jenis, merk dan juga ketebalan dari ACP yang anda pilih. Ukuran 1,22 m x 2,44 m, 0, 40 PVDF skin 4 mm dibanderol dengan harga Rp. 924.000 untuk warna standar dan Rp. 999.000 untuk yang warna.

Aluminium Composite Panel merek New Alocupan dengan ukuran 1,22 x 2,44 dengan ketebalan 0,21 mm dibanderol dengan harga USD 22 tipe XB/PE, ukuran 1,22 m x 2,44 m dengan ketebalan 0,21 mm dibanderol dengan haraga USD 26 tipe XL/PE bikinan Negara Taiwan. Aluminium Composite Panel merek Alcopla tipe PVDF ukuran 1,22 m x 2,44 m dengan ketebalan 0,50 mm dibanderol dengan haraga USD 32 buatan Negara Taiwan.

Penyedia / Jual Aluminium Composite Panel di Samarinda

Ya.. Tak perlu repot dan bingung mencari penjual aluminium composite panel, kini Anda bisa memesannya secara online pada kami. Kami menyediakan berbagai merk aluminium composite panel lengkap dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Untuk pemasangan Aluminium composite panel harga terpasang Beracam-macam, mulai dari 375.000-550.000/m2, tentunya sesuai dengan jenis dan bahannya. Dengan harga yang terjangkau kalian sudah memiliki ruangan yang elegan, mewah dan, mudah dibersihkan. Saat ini, ACP bisa sangat mudah untuk anda temukan di toko penyedia peralatan bangunan. Dengan berbagai jenis dan merk yang tersedia tentunya akan semakin membuat anda mendapatkan ACP yang paling pas dan cocok untuk anda pilih. Perbedaan merk juga akan membuat anda bisa mendapatkan manakah ACP yang paling cocok untuk anda pilih.

Keunggulan dan Kekurangan Aluminium Composite Panel

Keunggulan material ini adalah bahannya yang ringan namun memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan material pelapis lain, tahan karat, dan biaya perakitan juga jauh lebih murah.

Aluminium composite panel juga banyak digunakan dalam industry furniture untuk penampilan agar lebih elegan. Aluminium ini juga secara luas digunakan dalam industri signage sebagai bahan alternatif menggantikan bahan substrat yang lebih berat dan mahal. Aluminium composite panel mampu memberikan nilai tambah pada bangunan atau gedung.

Aluminium composite panel tersedia dari 30 jenis warna, selain itu juga dapat memesan warna khusus sesuai dengan permintaan konsumen untuk produk dan merek terntentu.

Sedangkan kekurangan dari Aluminium Composite Panel adalah; nad tidak bisa dihilangkan dan juga harga dari Aluminium Composite Panel ini cenderung masih mahal. Untuk bentuk melengkung sebaiknya pertimbangkan kembali penggunaan Aluminium Composite Panel.

Kekuatan terhadap sangin kurang, sehingga dalam kondisi cuaca yang kurang baik yang diakibatkan oleh angin akan beresiko terhadap keselamatan. Itulah beberapa pengenalan tengang material Aluminium Composite Panel atau ACP, memang dibutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan design mewah nan elegan. Terimakasih, semoga bermanfaat.