Tiang Pancang Pipa Baja kirim ke Blitar

Tiang pancang merupakan elemen penting dalam konstruksi bangunan yang biasanya dibuat dari bahan beton, kayu, composite dan juga baja. Tiang pancang tersebut dipakai untuk menerima dan juga menyalurkan barang dari permukaan atas tanah ke permukaan pada bagian bawah yang berada pada kedalaman tertentu yang terpendam dalam tanah. Pembuatan dari pondasi tiang pancang ini sendiri juga dikerjakan dengan cara menyatukan pangkal yang mana terletak di bawah konstruksi dan juga tumpuan pondasi. Prinsip dari kerjanya sendiri adalah menahan gaya tegak lurus ke sumbung tiang melalui penyerapan terhadap lenturan yang ditimbulkan.

Cara pemasangan tersebut disesuaikan dengan tekstur tanah dimana tiang pancang tersebut dipasang, bahan yang didistribusikan dan juga material tiang pancang yang digunakan. Tiang pancang tersebut dipasang dengan tujuan agar bisa terkorelasi dengan poer atau pile cap. Dari keempat jenis tiang pancang diatas, kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai apa itu tiang pancang mulai dari deskripsi barang hingga kisaran harganya di pasaran.

Berdasarkan bahan pembuatannya maka tiang pancang ini bisa dibagi ke dalam beberapa macam, tiang pancang kayu, tiang pancang beton, tiang pancang baja dan tiang pipa pancang komposit. Untuk setiap bahan yang berbeda pastinya ada perbedaan cara pemasangan yang juga dilihat dari struktur tanah dimana tiang pancang ini akan dipasang. Cara pemasangan tiang pancang ini pun ada beragam, dengan dibor, dipukul, atau dengan cara didongkrak masuk ke dalam tanah. Semua pekerjaan ini adalah pekerjaan yang berat dan hanya orang yang sudah lebih berpengalaman saja yang bisa melakukannya. Ketepatan pada saat pemasangan juga akan sangat menentukan pada saat pembangunan itu nantinya.

Spesifikasi Tiang Pancang Baja

Ada tiang pipa pancang baja yang memang terbuat dari baja gilas yang dalam penggunaannya tidak perlu menambah apapun, namun ada juga tiang pancang baja berbentuk pipa atau kotak sehingga di dalamnya perlu ditambahkan beton yang berkualitas tinggi sehingga tiang pancang baja itu bisa benar-benar kuat. Hal ini memang benar karena tiang pancang baja memang lebih tahan dalam segala hal. Bentuk tiang pancang baja ini umumnya berbentuk seperti profil H. Karena begitu kuatnya maka dengan menggunakan tiang pancang baja ini maka konstruksi akan kuat dan tidak akan terjadi resiko patah seperti yang bisa saja terjadi pada tiang pancang beton.

Untuk soal korosi yang bisa terjadi padanya itu tergantung pada lingkungan dan juga lembapnya tanah yang berada di sekitar tiang pancang baja.

Tiang Pancang Pipa Baja

spesifikasi tiang pancang baja

Berdasarkan pengalaman, bentuk dari ujung yang terbuka memberikan keuntungan tersendiri jika dilihat dari segi kedalaman penetrasi dan juga bisa dikombinasikan dengan pengeboran jika dibutuhkan misalnya saja saat penetrasi tiang pada tanah yang berbatu. Kemudian untuk penyambungan dari tiang pancang baja sendiri dibuat dengan cara yang sama dengan kolom baja seperti mengelas ataupun dengan menggunakan baut.

Tiang Pancang Baja Wika di Blitar

Tiang pancang baja adalah salah satu dari empat jenis material pipa pancang yang sering digunakan pada proses konstruksi bangunan. Semua kualitas pipa pancang baja ini juga bisa berubah tergantung dengan produsen yang membuatnya. Ada satu produsen pipa pancang baja yang juga menjual bahan bangunan lain yaitu WIKA yang dikenal memiliki produk berkualitas.

Cara Pemasangan Pondasi Tiang Pancang

Tentunya dalam pemasangan pondasi tiang pancang ini caranya bisa berbeda-beda tergantung dari jenis tiang pancang yang digunakan. Penggunaan pondasi pada tiang pancang ini sudah dilakukan sejak dulu, ketika tiang pancang yang tersedia hanyalah tiang pancang dari kayu.

  1. Melakukan sebuah pengetesan pada tanah yang ada dilokasi rencana pondasi untuk bisa mengetahui jenis dari tanah dan juga kedalaman lapisan keras.
  2. Menghitung struktur pondasi pada tiang pancang dengan demikian bisa ditentukan kebutuhan dari tiang pancang, spesifikasi material dan juga kedalaman dari tiang pancang tersebut. Dengan demikian akan lebih kuat untuk bisa menahan beban bangunan.
  3. Produksi tiang pancang bisa dilakukan di pabrik degan menggunakan spesifikasi sesuai dengan perhitungan dan dikirimkan ke lokasi proyek tersebut menggunakan kendaraan truk besar.
  4. Pengangkatan dari tiang pancang bisa menggunakan tower crane ataupun mobil crane yang mana posisi titik angkat harus sesuai dengan perhitungan agar nantinya tidak patah di dalam pengangkatannya.
  5. Surveyor harus melakukan pengukuran di lapangan untuk bisa menentukan titik yang sesuai dengan gambar dan mendirikan alat teodolit untuk bisa mengecek ketegakan dari pemancangan, karena tiang pancang tersebut diangkat secara tegak lurus dan kemudian posisi dari ujung diesel hammer akan dinaikan, serta topi paal nantinya akan dimasukan pada kepala tiang pancang.
  6. Ketegakan dari posisi pemancangan tersebut harus dikontrol menggunakan 2 buah teodolit yang mana dipasang dari dua arah, hal tersebut untuk memastikan posisi dari tiang pancang benar – benar tegak dan juga melakukan kontrol setiap 2 m, pemancangan tersebut dilakukan sampai nantinya elevasi kedalaman sesuai dengan yang direncanakan.
  7. Tiang pancang yang mana tersisa di atas elevasi rencana tersebut dikelupas bagian betonnya dengan demikian akan tersisa besi tulangan yang nantinya akan digunakan untuk stek yang akan dihubungkan dengan pile cap di bagian bangunan gedung ataupun abutmen di konstruksi jembatan.

Sedangkan untuk proses perpanjangan tiang pancang dilakukan dengan cara mengelasnya. Sebaiknya, pengelasan dilakukan semaksimal mungkin agar kekuatan sambungan lebih tahan dan teruji. Dalam pengelasan, usahakan sambungan dihubungkan dengan posisi yag benar di masing ruas tiang pancangnya. Apabila pipa tersebut rencananya akan diisi material beton, akan lebih baik jika pipa yang dipilih memiliki kualitas kedap air.

Daftar Harga Pipa Pancang Baja di Blitar

Tiang pancang baja diklasifikasikan menjadi dua, yaitu tiang pancang baja kotak atau square pipe dan pipa pancang baja spiral atau spiral pipe. Adapun tiang pancang kotak terdiri dari berbagai ukuran yang masing-masing adalah 250 x250 mm, 300 x300 mm, 350 x350 mm, 400 x400 mm, 450 x450 mm dan 500 x500 mm.

Harga Pipa Pancang Spiral di Blitar

harga tiang pancang baja diameter 50 cm

Harga Tiang Pancang Baja Per Meter di Blitar

Karena terkadang kita tidak bisa benar-benar membutuhkan berapa kebutuhan tiang pipa pancang baja yang dibutuhkan maka tentunya Anda sebaiknya membeli tiang pancang baja dalam keadaan yang dijual per meter. Sehingga saat Anda membutuhkan panjang yang lebih lagi maka Anda bisa menyambungkan dua tiang pancang baja menjadi satu dengan metode pengelasan.