Tiang Pancang Pipa Baja kirim ke Kepulauan Seribu

Tiang pancang merupakan elemen penting dalam konstruksi bangunan yang biasanya dibuat dari bahan beton, kayu, composite dan juga baja. Tiang pancang tersebut dipakai untuk menerima dan juga menyalurkan barang dari permukaan atas tanah ke permukaan pada bagian bawah yang berada pada kedalaman tertentu yang terpendam dalam tanah. Adapun cara pemasangan tiang pancang adalah dengan cara didongkrak, dibor, ataupun dengan cara dipukul ke dalam tanah agar pipa bisa terhubung dengan poer atau pile cap. Adapun cara mana yang dipakai sebagai teknik pemasangan yang tepat sangat bergantung pada tipe tanahnya, material yang digunakan serta karakteristik distribusi beban dari tiang pancang tersebut.

Berdasarkan material dan juga cara pemasangannnya, tiang pancang diklasifikasikan menjadi empat yaitu tiang pancang beton, tiang pancang kayu, tiang pancang composite dan tiang pancang baja. Pada kesempatan kali ini kita akan kupas lebih jauh mengenai banyak hal yang berkaitan dengan tiang pancang baja.

Berdasarkan bahan pembuatannya maka tiang pancang ini bisa dibagi ke dalam beberapa macam, tiang pancang kayu, tiang pancang beton, tiang pancang baja dan tiang pipa pancang komposit. Untuk setiap bahan yang berbeda pastinya ada perbedaan cara pemasangan yang juga dilihat dari struktur tanah dimana tiang pancang ini akan dipasang. Cara pemasangan tiang pancang ini pun ada beragam, dengan dibor, dipukul, atau dengan cara didongkrak masuk ke dalam tanah. Semua pekerjaan ini adalah pekerjaan yang berat dan hanya orang yang sudah lebih berpengalaman saja yang bisa melakukannya. Ketepatan pada saat pemasangan juga akan sangat menentukan pada saat pembangunan itu nantinya.

Spesifikasi Tiang Pancang Baja

Ada tiang pipa pancang baja yang memang terbuat dari baja gilas yang dalam penggunaannya tidak perlu menambah apapun, namun ada juga tiang pancang baja berbentuk pipa atau kotak sehingga di dalamnya perlu ditambahkan beton yang berkualitas tinggi sehingga tiang pancang baja itu bisa benar-benar kuat. Itulah alasan kenapa tiang pancang baja aman untuk digunakan pada saat pengangkutan dan juga pemancangan. Tiang pancang baja juga sangat berguna khususnya jika kita memerlukan tiang pancang dengan ukuran yang panjang dan dengan ukuran tahanan pada ujung yang besar.

Memang benar bahwa ada beberapa ukuran tiang pancang baja yang bisa Anda gunakan, namun mungkin pada saat pembangunan ternyata panjang tiang pancang baja ini kurang maka untuk menambah panjangnya Anda bisa menempelkannya dengan tiang pancang baja lainnya dengan cara pengelasan, namun tentunya pengelasan harus detail dan sempurna agar tiang bisa menempel dengan baik.

Tiang Pancang Pipa Baja

Tiang pancang baja merupakan satu dari empat jenis bahan tiang pancang yang paling banyak digunakan. Berdasarkan pengalaman, bentuk dari ujung yang terbuka memberikan keuntungan tersendiri jika dilihat dari segi kedalaman penetrasi dan juga bisa dikombinasikan dengan pengeboran jika dibutuhkan misalnya saja saat penetrasi tiang pada tanah yang berbatu. Kemudian untuk penyambungan dari tiang pancang baja sendiri dibuat dengan cara yang sama dengan kolom baja seperti mengelas ataupun dengan menggunakan baut.

Di beberapa proyek kecil, penyambungan tersebut sudah dilakukan lebih dulu dan juga dipatenkan sebelum dilakukan pemancangan. Sedangkan untuk tiang panjang baja yang berbentuk profil H, maka pelat badan dibuat dengan bentuk dua saluran belakang ke belakang dan penjang cukup pas dengan flens bagian dalam serta badan. Sambungan tersebut kemudian dilas ke bagian badan dengan memotong ujungnya serta flens dilas bagian ujung tumpulnya untuk bisa menyempurnakan sambungan.

Tiang Pancang Baja Wika di Kepulauan Seribu

brosur tiang pancang baja

Tiang pancang baja yang pertama yang termasuk banyak digunakan dalam hal konstruksi adalah tiang pancang baja dari wika atau Wijaya Karya, tiang pancang baja dari distributor ini memang sudah sangat lama beroperasi dan banyak memproduksi bahan bangunan lainnya, tidak hanya tiang pancang baja saja.

Cara Pemasangan Pondasi Tiang Pancang

Tiang pancang sendiri merupakan suatu pondasi yang biasanya digunakan untuk gedung yang bertingkat tinggi maupun tower, dan untuk pemasangannya sendiri memang dibutuhkan beberapa teknik khusus. Oleh karena itu berikut ini adalah cara pemasangan pondasi tiang pancang:

  1. Melakukan sebuah pengetesan pada tanah yang ada dilokasi rencana pondasi untuk bisa mengetahui jenis dari tanah dan juga kedalaman lapisan keras.
  2. Menghitung struktur pondasi pada tiang pancang dengan demikian bisa ditentukan kebutuhan dari tiang pancang, spesifikasi material dan juga kedalaman dari tiang pancang tersebut. Dengan demikian akan lebih kuat untuk bisa menahan beban bangunan.
  3. Produksi tiang pancang bisa dilakukan di pabrik degan menggunakan spesifikasi sesuai dengan perhitungan dan dikirimkan ke lokasi proyek tersebut menggunakan kendaraan truk besar.
  4. Pengangkatan dari tiang pancang bisa menggunakan tower crane ataupun mobil crane yang mana posisi titik angkat harus sesuai dengan perhitungan agar nantinya tidak patah di dalam pengangkatannya.
  5. Surveyor harus melakukan pengukuran di lapangan untuk bisa menentukan titik yang sesuai dengan gambar dan mendirikan alat teodolit untuk bisa mengecek ketegakan dari pemancangan, karena tiang pancang tersebut diangkat secara tegak lurus dan kemudian posisi dari ujung diesel hammer akan dinaikan, serta topi paal nantinya akan dimasukan pada kepala tiang pancang.
  6. Ketegakan dari posisi pemancangan tersebut harus dikontrol menggunakan 2 buah teodolit yang mana dipasang dari dua arah, hal tersebut untuk memastikan posisi dari tiang pancang benar – benar tegak dan juga melakukan kontrol setiap 2 m, pemancangan tersebut dilakukan sampai nantinya elevasi kedalaman sesuai dengan yang direncanakan.
  7. Tiang pancang yang mana tersisa di atas elevasi rencana tersebut dikelupas bagian betonnya dengan demikian akan tersisa besi tulangan yang nantinya akan digunakan untuk stek yang akan dihubungkan dengan pile cap di bagian bangunan gedung ataupun abutmen di konstruksi jembatan.

Kemudian ada juga cara pemasangan pondasi tiang pancang dengan cara di bor ke dalam tanah menggunakan alat yang modern, biasanya proses pemancangan yang seperti ini digunakan pada tiang pancang yang materialnya berat seperti beton atau baja.

Daftar Harga Pipa Pancang Baja di Kepulauan Seribu

Tentunya untuk membeli banyak pipa pancang baja yang akan digunakan untuk keperluan pembangunan besar maka Anda harus tahu berapa daftar harga pipa pancang baja yang akan Anda perlukan.

Harga Pipa Pancang Spiral di Kepulauan Seribu

Kemudian untuk harga pipa pancang spiral sendiri juga sama, dalam artian tergantung dari jenis, ukuran dan juga kualitasnya.

Harga Tiang Pancang Baja Per Meter di Kepulauan Seribu

Sedangkan untuk harga tiang pancang permeternya sendiri biasanya berkisar mulai dari dari Rp 500.000,- per meternya, dan harga tersebut tidak bisa dijadikan patokan, maka bila anda berniat untuk memesannya hubungi kontak kami segera. Hal tersebut juga tergantung dari jenis dan kualitasnya. Sehingga saat Anda membutuhkan panjang yang lebih lagi maka Anda bisa menyambungkan dua tiang pancang baja menjadi satu dengan metode pengelasan.

Harga Tiang Pancang Baja Per Kg di Kepulauan Seribu

Dan untuk harga tiang pancang baja per kilogramnya sendiri juga bervariasi. Dengan demikian Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.