Tiang Pancang Pipa Baja kirim ke Salatiga

Tiang pancang merupakan elemen penting dalam konstruksi bangunan yang biasanya dibuat dari bahan beton, kayu, composite dan juga baja. Tiang pancang tersebut dipakai untuk menerima dan juga menyalurkan barang dari permukaan atas tanah ke permukaan pada bagian bawah yang berada pada kedalaman tertentu yang terpendam dalam tanah. Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga tujuan penggunaannya. Adapun guna dari tiang pancang adalah untuk mentransfer barang dari bagian atas ke bagian yang lebih rendah yang posisinya terendam dalam tanah. Tiang pancang tersebut dipasang dengan banyak cara yang termasuk diantaranya adalah dengan cara didongkrak, dibor dan juga dengan cara dipukul ke dasar tanah.

Cara pemasangan tersebut disesuaikan dengan tekstur tanah dimana tiang pancang tersebut dipasang, bahan yang didistribusikan dan juga material tiang pancang yang digunakan. Tiang pancang tersebut dipasang dengan tujuan agar bisa terkorelasi dengan poer atau pile cap. Dari keempat jenis tiang pancang diatas, kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai apa itu tiang pancang mulai dari deskripsi barang hingga kisaran harganya di pasaran.

Cara pemasangan tiang pancang ini pun ada beragam, dengan dibor, dipukul, atau dengan cara didongkrak masuk ke dalam tanah. Semua pekerjaan ini adalah pekerjaan yang berat dan hanya orang yang sudah lebih berpengalaman saja yang bisa melakukannya. Ketepatan pada saat pemasangan juga akan sangat menentukan pada saat pembangunan itu nantinya.

Spesifikasi Tiang Pancang Baja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa selain tiang pancang baja ini ada juga tiang pancang beton. Dilihat dari kedua bahannya maka bisa dikatakan bahwa tiang pipa pancang baja tentunya bisa menjadi tiang pancang yang lebih kuat dari tiang pancang beton. Hal ini memang benar karena tiang pancang baja memang lebih tahan dalam segala hal. Bentuk tiang pancang baja ini umumnya berbentuk seperti profil H. Karena begitu kuatnya maka dengan menggunakan tiang pancang baja ini maka konstruksi akan kuat dan tidak akan terjadi resiko patah seperti yang bisa saja terjadi pada tiang pancang beton.

Memang benar bahwa ada beberapa ukuran tiang pancang baja yang bisa Anda gunakan, namun mungkin pada saat pembangunan ternyata panjang tiang pancang baja ini kurang maka untuk menambah panjangnya Anda bisa menempelkannya dengan tiang pancang baja lainnya dengan cara pengelasan, namun tentunya pengelasan harus detail dan sempurna agar tiang bisa menempel dengan baik.

Tiang Pancang Pipa Baja

Tiang pancang baja merupakan satu dari empat jenis bahan tiang pancang yang paling banyak digunakan. Berdasarkan pengalaman, bentuk dari ujung yang terbuka memberikan keuntungan tersendiri jika dilihat dari segi kedalaman penetrasi dan juga bisa dikombinasikan dengan pengeboran jika dibutuhkan misalnya saja saat penetrasi tiang pada tanah yang berbatu. Kemudian untuk penyambungan dari tiang pancang baja sendiri dibuat dengan cara yang sama dengan kolom baja seperti mengelas ataupun dengan menggunakan baut.

Adapun fungsi dari tiang pancang diantaranya adalah;

  1. Melawan gaya desakan secara vertical.
  2. Supaya tanah yang berada di bawah pondasi akan menjadi lebih kaku lagi. Dengan begitu, frekuensi alamiah dan juga amplitude dari getaran yang dihasilkan lebih bisa dikontrol.
  3. Efektif saat digunakan untuk mengangkat beban yang dikeluarkan dari dalam tanah untuk diangkut ke atas permukaan tanah.
  4. Menjadi pengaman tambahan khususnya yang berada di bawah jembatan agar lebih aman dan juga tahan terhadap erosi.
  5. Efektif untuk mentransfer barang yang berasal dari lapisan bawah tanah ke atas permukaan tanah.

Tiang Pancang Baja Wika di Salatiga

harga tiang pancang baja per meter

Tiang pancang baja yang pertama yang termasuk banyak digunakan dalam hal konstruksi adalah tiang pancang baja dari wika atau Wijaya Karya, tiang pancang baja dari distributor ini memang sudah sangat lama beroperasi dan banyak memproduksi bahan bangunan lainnya, tidak hanya tiang pancang baja saja. Selanjutnya ada tiang pancang miliki Abadi Metal Utama yang juga memiliki standar yang tinggi dalam pembuatan tiang pancang bajanya.

Cara Pemasangan Pondasi Tiang Pancang

Proses pemasangan pondasi tiang pancang diklasifikan menjadi tiga tahapan, mulai dari kepala tiang pancang, cara pemanjangan tiang pancang dan juga pemasangan sepatu tiang pancang.

  1. Melakukan sebuah pengetesan pada tanah yang ada dilokasi rencana pondasi untuk bisa mengetahui jenis dari tanah dan juga kedalaman lapisan keras.
  2. Menghitung struktur pondasi pada tiang pancang dengan demikian bisa ditentukan kebutuhan dari tiang pancang, spesifikasi material dan juga kedalaman dari tiang pancang tersebut. Dengan demikian akan lebih kuat untuk bisa menahan beban bangunan.
  3. Produksi tiang pancang bisa dilakukan di pabrik degan menggunakan spesifikasi sesuai dengan perhitungan dan dikirimkan ke lokasi proyek tersebut menggunakan kendaraan truk besar.
  4. Pengangkatan dari tiang pancang bisa menggunakan tower crane ataupun mobil crane yang mana posisi titik angkat harus sesuai dengan perhitungan agar nantinya tidak patah di dalam pengangkatannya.
  5. Surveyor harus melakukan pengukuran di lapangan untuk bisa menentukan titik yang sesuai dengan gambar dan mendirikan alat teodolit untuk bisa mengecek ketegakan dari pemancangan, karena tiang pancang tersebut diangkat secara tegak lurus dan kemudian posisi dari ujung diesel hammer akan dinaikan, serta topi paal nantinya akan dimasukan pada kepala tiang pancang.
  6. Ketegakan dari posisi pemancangan tersebut harus dikontrol menggunakan 2 buah teodolit yang mana dipasang dari dua arah, hal tersebut untuk memastikan posisi dari tiang pancang benar – benar tegak dan juga melakukan kontrol setiap 2 m, pemancangan tersebut dilakukan sampai nantinya elevasi kedalaman sesuai dengan yang direncanakan.
  7. Tiang pancang yang mana tersisa di atas elevasi rencana tersebut dikelupas bagian betonnya dengan demikian akan tersisa besi tulangan yang nantinya akan digunakan untuk stek yang akan dihubungkan dengan pile cap di bagian bangunan gedung ataupun abutmen di konstruksi jembatan.

Tiang pipa pancang dengan bahan kayu biasanya hanya ditanamkan dengan cara langsung dipukul ke dalam tanah sampai kedalaman tertentu sehingga tiang pancang kayu itu akan berdiri dengan sempurna. Sedangkan tiang pancang baja biasanya ditanamkan dengan cara dibor.

Daftar Harga Pipa Pancang Baja di Salatiga

Setap bahan bangunan tentu saja memiliki harga tersendiri, dan berbicara mengenai harga, harga dari pipa pancang baja sendiri tentu saja berbeda – beda dan tergantung dari jenis, merk dan ukurannya. Sedangkan untuk pipa spiral tersedia dalam ukuran diameter 30 cm panjang 6m/8m, diameter 40 cm panjang 9m/10m, diameter 50 cm panjang 12m/14m dan diameter 60 cm panjang 15m/16m. Harga pipa baja kotak berkisar antara 250 ribu rupiah keatas. Sedangkan untuk harga pipa spiral berkisar antara

Harga Pipa Pancang Spiral di Salatiga

Kemudian untuk harga pipa pancang spiral sendiri juga sama, dalam artian tergantung dari jenis, ukuran dan juga kualitasnya. Tentunya untuk setiap pipa pancang yang dijual harganya bisa berubah sewaktu-waktu dan tergantung dimana tempat Anda membelinya.

Harga Tiang Pancang Baja Per Meter di Salatiga

Untuk mendapatkan harga tiang pancang baja per meternya maka Anda perlu mengetahui bahwa tiang pancang baja ini tidak sekedar dijual per meter namun ada ukuran pastinya. Tidak seperti yang lainnya maka tiang pancang baja ini adalah tiang pancang yang memiliki material dan struktur yang paling kuat diantaranya yang lainnya. Sehingga saat Anda membutuhkan panjang yang lebih lagi maka Anda bisa menyambungkan dua tiang pancang baja menjadi satu dengan metode pengelasan.