Tiang Pancang Pipa Baja kirim ke Singkawang

Dalam proses konstruksi bangunan, ada cukup banyak elemen yang digunakan. Elemen tersebut baik yang berasal dari jenis logam, kayu, maupun batu-batuan. Dalam konstruksi bangunan berskala besar, tiang pancang adalah salah satu elemen konstruksi yang wajib ada. Adapun material yang digunakan sebagai bahan utama tiang pancang adalah beton, kayu, composite dan juga baja. Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga tujuan penggunaannya. Adapun guna dari tiang pancang adalah untuk mentransfer barang dari bagian atas ke bagian yang lebih rendah yang posisinya terendam dalam tanah. Tiang pancang tersebut dipasang dengan banyak cara yang termasuk diantaranya adalah dengan cara didongkrak, dibor dan juga dengan cara dipukul ke dasar tanah.

Biasanya untuk pelaksanaan pondasi dari tiang pancang sendiri dilakukan dengan memanfaatkan hammer diesel yang merupakan alat seperti palu martil namun untuk menggerakannya dibutuhkan mesin diesel.

Berdasarkan bahan pembuatannya maka tiang pancang ini bisa dibagi ke dalam beberapa macam, tiang pancang kayu, tiang pancang beton, tiang pancang baja dan tiang pipa pancang komposit. Untuk setiap bahan yang berbeda pastinya ada perbedaan cara pemasangan yang juga dilihat dari struktur tanah dimana tiang pancang ini akan dipasang.

Spesifikasi Tiang Pancang Baja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa selain tiang pancang baja ini ada juga tiang pancang beton. Dilihat dari kedua bahannya maka bisa dikatakan bahwa tiang pipa pancang baja tentunya bisa menjadi tiang pancang yang lebih kuat dari tiang pancang beton. Hal ini memang benar karena tiang pancang baja memang lebih tahan dalam segala hal. Bentuk tiang pancang baja ini umumnya berbentuk seperti profil H. Karena begitu kuatnya maka dengan menggunakan tiang pancang baja ini maka konstruksi akan kuat dan tidak akan terjadi resiko patah seperti yang bisa saja terjadi pada tiang pancang beton.

Untuk soal korosi yang bisa terjadi padanya itu tergantung pada lingkungan dan juga lembapnya tanah yang berada di sekitar tiang pancang baja.

Tiang Pancang Pipa Baja

Memang tiang pipa baja ini bisa saja mengalami korosi jika tanah tempat penanaman tiang ini lembab, semakin tinggi tingkat kelembabannya maka tentunya korosi yang akan dialami oleh tiang pancang baja itu akan semakin banyak, sebaliknya dengan dasar tanah yang tidak lembab sama sekali seperti halnya tanah berpasir maka keadaan korosinya bisa sangat kecil terjadi atau bahkan tidak ada korosi. Jika Anda tetap ingin menggunakan tiang pancang baja maka sebaiknya perhatikan dulu sebelum pemasangan dengan melakukan pecegahan agar tiang pancang baja itu tidak cepat berkarat.

Adapun fungsi dari tiang pancang diantaranya adalah;

  1. Melawan gaya desakan secara vertical.
  2. Supaya tanah yang berada di bawah pondasi akan menjadi lebih kaku lagi. Dengan begitu, frekuensi alamiah dan juga amplitude dari getaran yang dihasilkan lebih bisa dikontrol.
  3. Efektif saat digunakan untuk mengangkat beban yang dikeluarkan dari dalam tanah untuk diangkut ke atas permukaan tanah.
  4. Menjadi pengaman tambahan khususnya yang berada di bawah jembatan agar lebih aman dan juga tahan terhadap erosi.
  5. Efektif untuk mentransfer barang yang berasal dari lapisan bawah tanah ke atas permukaan tanah.

Tiang Pancang Baja Wika di Singkawang

Tiang pancang baja adalah salah satu dari empat jenis material pipa pancang yang sering digunakan pada proses konstruksi bangunan. Untuk tiang pancang baja pipa sendiri terdapat dua pilihan pula yaitu dengan ujung yang terbuka bebas ataupun tertutup. Sering kali untuk yang terbuka dilakukan sebuah pengisian pengecoran beton setelah dilakukan pemancangan, namun memang di dalam suatu kondisi tertentu tidak perlu melakukan hal tersebut. Sedangkan untuk yang berbentuk profil H, web plates akan dibuat dengan bentuk dua saluran belakang ke belakang dengan panjang cukup pas dengan badan dan juga flens pada bagian dalam. Untuk sambungan tersebut lalu dilas ke badan tersebut dengan memotong ujungnya dan juga flens dilas di bagian ujung tumpulnya untuk bisa membuat sambungan tersebut menjadi lebih sempurna.

Cara Pemasangan Pondasi Tiang Pancang

Proses pemasangan pondasi tiang pancang diklasifikan menjadi tiga tahapan, mulai dari kepala tiang pancang, cara pemanjangan tiang pancang dan juga pemasangan sepatu tiang pancang. Untuk pemasangan pondasi tiang pancang kayu ini maka caranya adalah dengan memukulkan tiang pancang kayu itu ke dalam tanah agar bisa tertancap sempurna kemudian untuk mengisi celah akan digunakan batu dan pasir.

Daftar Harga Pipa Pancang Baja di Singkawang

Tiang pancang baja dibedakan menjadi tiang pancang baja kotak (square pipe) dan tiang pancang baja bulat (spiral pipe). Tiang pancang kotak terdiri dari beberapa ukuran, yaitu:

  • 250 x250 mm
  • 300 x300 mm
  • 350 x350 mm
  • 400 x400 mm
  • 450 x450 mm
  • 500 x500 mm

Sedangkan untuk pipa spiral tersedia dalam ukuran diameter 30 cm panjang 6m/8m, diameter 40 cm panjang 9m/10m, diameter 50 cm panjang 12m/14m dan diameter 60 cm panjang 15m/16m. Harga pipa baja kotak berkisar antara 250 ribu rupiah keatas. Sedangkan untuk harga pipa spiral berkisar antara

Harga Pipa Pancang Spiral di Singkawang

Kemudian untuk harga pipa pancang spiral sendiri juga sama, dalam artian tergantung dari jenis, ukuran dan juga kualitasnya.

Harga Tiang Pancang Baja Per Meter di Singkawang

Untuk mendapatkan harga tiang pancang baja per meternya maka Anda perlu mengetahui bahwa tiang pancang baja ini tidak sekedar dijual per meter namun ada ukuran pastinya. Tidak seperti yang lainnya maka tiang pancang baja ini adalah tiang pancang yang memiliki material dan struktur yang paling kuat diantaranya yang lainnya. Maka dari itu harganya bisa lebih mahal daripada yang lainnya, ada yang menjual kisaran harganya mulai dari Rp 27.000 sampai ratusan ribu per meternya. Harga ini pun bisa berubah-ubah tiap waktu.Maka dari itu dalam membeli tiang pancang baja ini harus mengetahui kebutuhannya sehingga dana yang dimiliki bisa cukup untuk membeli tiang pipa pancang yang dibutuhkan.