Tiang Pancang Pipa Baja kirim ke Tasikmalaya

Jika Anda pernah melihat bentuk tiang-tiang pancang, maka Anda mendapati bahwa tiang pipa pancang ini merupakan tiang yang amat besar yang digunakan pada konstruksi bahan yang tidak sederhana. Melihat diameternya saja sudah bisa membuat Anda mengetahui betapa beratnya dan betapa besarnya kegunaan tiang pancang ini pada pembangunan bangunan penting. Bahan tiang pancang ini digunakan dengan cara ditanamkan pada tanah yang memiliki kedalaman tertentu, cara pemasangannya rumit dan tentunya membutuhkan banyak alat berat untuk melakukannya.

Cara pemasangan tersebut disesuaikan dengan tekstur tanah dimana tiang pancang tersebut dipasang, bahan yang didistribusikan dan juga material tiang pancang yang digunakan. Tiang pancang tersebut dipasang dengan tujuan agar bisa terkorelasi dengan poer atau pile cap. Dari keempat jenis tiang pancang diatas, kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai apa itu tiang pancang mulai dari deskripsi barang hingga kisaran harganya di pasaran.

Berdasarkan bahan pembuatannya maka tiang pancang ini bisa dibagi ke dalam beberapa macam, tiang pancang kayu, tiang pancang beton, tiang pancang baja dan tiang pipa pancang komposit. Untuk setiap bahan yang berbeda pastinya ada perbedaan cara pemasangan yang juga dilihat dari struktur tanah dimana tiang pancang ini akan dipasang.

Spesifikasi Tiang Pancang Baja

Jika dikomparasikan dengan tiang pancang yang lain, tiang pancang baja memiliki cukup banyak keunggulan. Tiang panjang ini mempunyai bentuk layaknya profil H pada umumnya. Bahan baja yang dipakai membuat tiang pancang baja lebih kuat dan aman saat dipakai untuk mengangkut dan juga saat dipancang. Dan berikut ini adalah beberapa contoh spesifikasi pipa pancang baja yang paling umum digunakan:

  1. Yang pertama adalah pipa pancang mini pile, jenis pipa pancang ini sendiri memiliki 4 spesifikasi yaitu pipa pancang dengan ukuran 28x28x28 cm, kemudian tulangan besi ulirnya 10/13 mm, panjang 3000 mm dan juga 6000 mm, sedangkan untuk mutu betonnya K-450. Kemudian yang kedua adalah memiliki ukuran 32x32x32 cm, dengan tulangan besi ulir 13 mm dan panjang 3000 mm dan 6000 mm, sedangkan untuk mutu betonnya K-450. Lalu tersedia juga pipa pancang mini pile yang berukuran 20×20 cm, dengan tulangan besi ulir 10/13 mm, kemudian panjang 3000 mm dan 6000 mm serta mutu beton K-450. dan yang terakhir adalah memiliki ukuran 25×25 cm, dengan tulangan besi ulir 13 mm dan panjang 3000 mm dan 6000 mm serta mutu beton K-450.
  2. Kemudian untuk yang kedua adalah spesifikasi untuk jenis pipa pancang maxi pile, adapun spesifikasinya adalah ukuran square pile 30×30 cm. Kemudian square pile dengan ukuran 35×35 cm. Square pile dengan ukuran 40×40 cm. dan yang terakhir square pile dengan ukuran 45×45 cm.

Tiang pancang baja mempunyai tingkat karat yang berbeda tergantung dari texture tanah, panjang tiang yang tertanam dalam tanah dan juga kelembaban dari tanah dimana pipa tersebut dibenamkan. Secara lebih detail gambarannya adalah sebagai berikut;

  1. Pada tanah yang kasar, tiang pancang baja biasanya memiliki karat yang hampir mendekati karat yang ada pada udara terbuka. Karat tersebut muncul sebagai dampak dari adanya sirkulasi air dalam tanah.
  2. Pada lapisan pasir yang terletak di bawah lapisan tanah yang padat dan minim oksigen, kemungkinan tiang pancang baja untuk berkarat akan lebih kecil.
  3. Pada saat tiang panjang baja terpendam dalam tanah liat yang minim oksigen, keadaan karat yang dihasilkan hampir sama dengan saat tiang pancang baja tersebut terendam air.

Tiang Pancang Pipa Baja

Tiang pancang baja ini memang banyak digunakan namun kurangnya pipa baja ini biasanya tidak bisa terlalu lama berada di permukaan yang basah, memang benar ada cara mengatasi korosi atau karat yang terjadi pada tiang pancang baja ini dengan cara dilapisi lagi dengan cat, namun sebaiknya jika Anda ingin membangun sebuah bangunan di atas air maka tiang pancang kayu bisa menjadi pilihan yang baik, karena tiang pancang kayu pun tidak mudah busuk. Sama halnya seperti pada pipa baja biasaya jika terjadi korosi pada tiang pancang pipa baja ini maka jalan untuk mengatasinya adalah dengan cara mengecatnya ulang sehingga baja menjadi lebih kuat kembali dan tidak akan menimbulkan masalah ke depan.

Adapun fungsi dari tiang pancang diantaranya adalah;

  1. Melawan gaya desakan secara vertical.
  2. Supaya tanah yang berada di bawah pondasi akan menjadi lebih kaku lagi. Dengan begitu, frekuensi alamiah dan juga amplitude dari getaran yang dihasilkan lebih bisa dikontrol.
  3. Efektif saat digunakan untuk mengangkat beban yang dikeluarkan dari dalam tanah untuk diangkut ke atas permukaan tanah.
  4. Menjadi pengaman tambahan khususnya yang berada di bawah jembatan agar lebih aman dan juga tahan terhadap erosi.
  5. Efektif untuk mentransfer barang yang berasal dari lapisan bawah tanah ke atas permukaan tanah.

Penyambungan dari tiang pancang pipa sendiri terdiri dari sebuah cincin yang mana berbingkai. Penyambungan tersebut juga dilakukan dengan mengelas sekeliling dari sambungan pipa tersebut kemudian ditutup kembali dengan bingkai cincin yang dilas di sekeliling kedua pipa yang sudah disambungkan tersebut. Sambungan tersebut nantinya akan membangun suatu kekatan tiang pancang di dalam kompresi, kemudian kelenturan dan juga geseran untuk bisa memenuhi persyaratan kode bangunan. Tiang pancang baja sendiri umumnya ringan, kuat dan juga bisa menahan beban berat, kemudian penyambungan dari riang juga bisa dilakukan sangat mudah. Dengan demikian tak heran jika tiang pancang baja ini lebih diminati oleh masyarakat dan beberapa proyek.

Tiang Pancang Baja Wika di Tasikmalaya

brosur tiang pancang baja

Tiang pancang baja yang pertama yang termasuk banyak digunakan dalam hal konstruksi adalah tiang pancang baja dari wika atau Wijaya Karya, tiang pancang baja dari distributor ini memang sudah sangat lama beroperasi dan banyak memproduksi bahan bangunan lainnya, tidak hanya tiang pancang baja saja. Selanjutnya ada tiang pancang miliki Abadi Metal Utama yang juga memiliki standar yang tinggi dalam pembuatan tiang pancang bajanya.

Cara Pemasangan Pondasi Tiang Pancang

harga tiang pancang baja per meter

Untuk pemasangan pondasi tiang pancang kayu ini maka caranya adalah dengan memukulkan tiang pancang kayu itu ke dalam tanah agar bisa tertancap sempurna kemudian untuk mengisi celah akan digunakan batu dan pasir.

Kemudian ada juga cara pemasangan pondasi tiang pancang dengan cara di bor ke dalam tanah menggunakan alat yang modern, biasanya proses pemancangan yang seperti ini digunakan pada tiang pancang yang materialnya berat seperti beton atau baja.

Daftar Harga Pipa Pancang Baja di Tasikmalaya

Tentunya untuk membeli banyak pipa pancang baja yang akan digunakan untuk keperluan pembangunan besar maka Anda harus tahu berapa daftar harga pipa pancang baja yang akan Anda perlukan.

Harga Pipa Pancang Spiral di Tasikmalaya

Jika Anda ingin tahu tentang berapa harga pipa pancang spiral ini maka Anda perlu mengetahui bentuknya terlebih dulu bahwa pipa pancang ini adalah jenis pipa pancang yang berbentuk seperti ulir, biasanya jenis pipa pancang spiral ini dijual dengan kisaran harga per meternya. Tentunya untuk setiap pipa pancang yang dijual harganya bisa berubah sewaktu-waktu dan tergantung dimana tempat Anda membelinya.

Harga Tiang Pancang Baja Per Meter di Tasikmalaya

spesifikasi tiang pancang baja

Sehingga saat Anda membutuhkan panjang yang lebih lagi maka Anda bisa menyambungkan dua tiang pancang baja menjadi satu dengan metode pengelasan.

Harga Tiang Pancang Baja Per Kg di Tasikmalaya

Dan untuk harga tiang pancang baja per kilogramnya sendiri juga bervariasi. Dengan demikian Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.