Tiang Pancang Pipa Baja kirim ke Tegal

Jika Anda pernah melihat bentuk tiang-tiang pancang, maka Anda mendapati bahwa tiang pipa pancang ini merupakan tiang yang amat besar yang digunakan pada konstruksi bahan yang tidak sederhana. Adapun cara pemasangan tiang pancang adalah dengan cara didongkrak, dibor, ataupun dengan cara dipukul ke dalam tanah agar pipa bisa terhubung dengan poer atau pile cap. Adapun cara mana yang dipakai sebagai teknik pemasangan yang tepat sangat bergantung pada tipe tanahnya, material yang digunakan serta karakteristik distribusi beban dari tiang pancang tersebut.

Berdasarkan material dan juga cara pemasangannnya, tiang pancang diklasifikasikan menjadi empat yaitu tiang pancang beton, tiang pancang kayu, tiang pancang composite dan tiang pancang baja. Pada kesempatan kali ini kita akan kupas lebih jauh mengenai banyak hal yang berkaitan dengan tiang pancang baja.

Berdasarkan bahan pembuatannya maka tiang pancang ini bisa dibagi ke dalam beberapa macam, tiang pancang kayu, tiang pancang beton, tiang pancang baja dan tiang pipa pancang komposit. Untuk setiap bahan yang berbeda pastinya ada perbedaan cara pemasangan yang juga dilihat dari struktur tanah dimana tiang pancang ini akan dipasang. Cara pemasangan tiang pancang ini pun ada beragam, dengan dibor, dipukul, atau dengan cara didongkrak masuk ke dalam tanah. Semua pekerjaan ini adalah pekerjaan yang berat dan hanya orang yang sudah lebih berpengalaman saja yang bisa melakukannya. Ketepatan pada saat pemasangan juga akan sangat menentukan pada saat pembangunan itu nantinya.

Spesifikasi Tiang Pancang Baja

Jika dikomparasikan dengan tiang pancang yang lain, tiang pancang baja memiliki cukup banyak keunggulan. Tiang panjang ini mempunyai bentuk layaknya profil H pada umumnya. Bahan baja yang dipakai membuat tiang pancang baja lebih kuat dan aman saat dipakai untuk mengangkut dan juga saat dipancang. Dan berikut ini adalah beberapa contoh spesifikasi pipa pancang baja yang paling umum digunakan:

  1. Yang pertama adalah pipa pancang mini pile, jenis pipa pancang ini sendiri memiliki 4 spesifikasi yaitu pipa pancang dengan ukuran 28x28x28 cm, kemudian tulangan besi ulirnya 10/13 mm, panjang 3000 mm dan juga 6000 mm, sedangkan untuk mutu betonnya K-450. Kemudian yang kedua adalah memiliki ukuran 32x32x32 cm, dengan tulangan besi ulir 13 mm dan panjang 3000 mm dan 6000 mm, sedangkan untuk mutu betonnya K-450. Lalu tersedia juga pipa pancang mini pile yang berukuran 20×20 cm, dengan tulangan besi ulir 10/13 mm, kemudian panjang 3000 mm dan 6000 mm serta mutu beton K-450. dan yang terakhir adalah memiliki ukuran 25×25 cm, dengan tulangan besi ulir 13 mm dan panjang 3000 mm dan 6000 mm serta mutu beton K-450.
  2. Kemudian untuk yang kedua adalah spesifikasi untuk jenis pipa pancang maxi pile, adapun spesifikasinya adalah ukuran square pile 30×30 cm. Kemudian square pile dengan ukuran 35×35 cm. Square pile dengan ukuran 40×40 cm. dan yang terakhir square pile dengan ukuran 45×45 cm.

Tingkat karat pada tiang pancang baja dipengaruhi oleh kelembaban tanah, panjang pipa tertanam, dan juga dari tekstur tanahnya.

Tiang Pancang Pipa Baja

Tiang pancang baja sendiri merupakan sebuah tiang ataupun pondasi yang mana terbuat dari baja, biasanya pada tiang pancang baja ini bisa dipilih dengan ujung yang terbuka bebas ataupun tertutup. Biasanya tiang baja ini dilakukan pengisian dengan cara pengecoran beton setelah pemancangan, tetapi di dalam beberapakondisi, pengecoran tersebut tidak perlu untuk dilakukan. Jika Anda tetap ingin menggunakan tiang pancang baja maka sebaiknya perhatikan dulu sebelum pemasangan dengan melakukan pecegahan agar tiang pancang baja itu tidak cepat berkarat.

Adapun fungsi dari tiang pancang diantaranya adalah;

  1. Melawan gaya desakan secara vertical.
  2. Supaya tanah yang berada di bawah pondasi akan menjadi lebih kaku lagi. Dengan begitu, frekuensi alamiah dan juga amplitude dari getaran yang dihasilkan lebih bisa dikontrol.
  3. Efektif saat digunakan untuk mengangkat beban yang dikeluarkan dari dalam tanah untuk diangkut ke atas permukaan tanah.
  4. Menjadi pengaman tambahan khususnya yang berada di bawah jembatan agar lebih aman dan juga tahan terhadap erosi.
  5. Efektif untuk mentransfer barang yang berasal dari lapisan bawah tanah ke atas permukaan tanah.

Penyambungan dari tiang pancang pipa sendiri terdiri dari sebuah cincin yang mana berbingkai. Penyambungan tersebut juga dilakukan dengan mengelas sekeliling dari sambungan pipa tersebut kemudian ditutup kembali dengan bingkai cincin yang dilas di sekeliling kedua pipa yang sudah disambungkan tersebut. Sambungan tersebut nantinya akan membangun suatu kekatan tiang pancang di dalam kompresi, kemudian kelenturan dan juga geseran untuk bisa memenuhi persyaratan kode bangunan. Tiang pancang baja sendiri umumnya ringan, kuat dan juga bisa menahan beban berat, kemudian penyambungan dari riang juga bisa dilakukan sangat mudah. Dengan demikian tak heran jika tiang pancang baja ini lebih diminati oleh masyarakat dan beberapa proyek.

Tiang Pancang Baja Wika di Tegal

Tiang pancang baja memang lebih diminati oleh sebagian pemilik proyek ataupun masyarakat karena mudah untuk dipasang, ringan namun tetap kuat. Tiang pancang baja sendiri memiliki dua macam yaitu tiang pancang baja yang berbentuk profil H dan juga berbentuk pipa baja. Adapun kegunaan dari tiang pancang secara leih spesifik adalah;

  1. Agar tanah yang berada di bawah pondasi mesin menjadi lebih kaku sehingga amplitudo getaran dan juga frekuensi alamiah yang ada pada sistem tersebut lebih bisa dikendalikan.
  2. Berfungsi untuk melawan gaya desakan ke atas, dan juga gaya guling.
  3. Bermanfaat untuk mengangkat beban konstruksi dari dalam tanah ke atas permukaan tanah melalui lapisan tanah. Bisa jadi, beban lateral dan juga beban vertical akan terlibat dalam hal ini.
  4. Sebagai elemen pengaman tambahan yang berada di bawah jembatan ataupun pir, apalagi saat terjadinya erosi.
  5. Menyalurkan barang dari atas ke lapisan permukaan bawah tanah yang ada pada kedalaman tertentu.

Ada juga produk pipa pancang baja dari Jaya Abadi Sejahtera yang bisa memberikan Anda pilihan lain yang baik juga kualitasnya.

Cara Pemasangan Pondasi Tiang Pancang

Tentunya dalam pemasangan pondasi tiang pancang ini caranya bisa berbeda-beda tergantung dari jenis tiang pancang yang digunakan. Penggunaan pondasi pada tiang pancang ini sudah dilakukan sejak dulu, ketika tiang pancang yang tersedia hanyalah tiang pancang dari kayu. Untuk pemasangan pondasi tiang pancang kayu ini maka caranya adalah dengan memukulkan tiang pancang kayu itu ke dalam tanah agar bisa tertancap sempurna kemudian untuk mengisi celah akan digunakan batu dan pasir.

Tiang pipa pancang dengan bahan kayu biasanya hanya ditanamkan dengan cara langsung dipukul ke dalam tanah sampai kedalaman tertentu sehingga tiang pancang kayu itu akan berdiri dengan sempurna. Sedangkan tiang pancang baja biasanya ditanamkan dengan cara dibor.

Daftar Harga Pipa Pancang Baja di Tegal

Tiang pancang baja diklasifikasikan menjadi dua, yaitu tiang pancang baja kotak atau square pipe dan pipa pancang baja spiral atau spiral pipe. Adapun tiang pancang kotak terdiri dari berbagai ukuran yang masing-masing adalah 250 x250 mm, 300 x300 mm, 350 x350 mm, 400 x400 mm, 450 x450 mm dan 500 x500 mm. Sedangkan untuk pipa spiral tersedia dalam ukuran diameter 30 cm panjang 6m/8m, diameter 40 cm panjang 9m/10m, diameter 50 cm panjang 12m/14m dan diameter 60 cm panjang 15m/16m. Harga pipa baja kotak berkisar antara 250 ribu rupiah keatas. Sedangkan untuk harga pipa spiral berkisar antara

Harga Pipa Pancang Spiral di Tegal

Kemudian untuk harga pipa pancang spiral sendiri juga sama, dalam artian tergantung dari jenis, ukuran dan juga kualitasnya.

Harga Tiang Pancang Baja Per Meter di Tegal

harga tiang pancang baja per kg

Sehingga saat Anda membutuhkan panjang yang lebih lagi maka Anda bisa menyambungkan dua tiang pancang baja menjadi satu dengan metode pengelasan.